Pages

Kamis, 06 Juni 2013

Sastrawan Bicara Siswa Bertanya Makassar 2013

Kembangkan Minat Sastra Pelajar

REZA KAHLIL/FAJAR
BACA PUISI. Salah satu peserta workshop Sastra pede membacakan puisinya di hadapan sastrawan dan para peserta.



KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyelenggarakan acara tahunan Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB) Kamis, 23 Mei hari ini. Kali ini giliran SMP Katolik Rajawali ditunjuk sebagai tuan rumah.

Nah, sebelum mengikuti puncak acara nanti, sejumlah siswa mengikuti workshop dan seminar sastra Selasa, 21 dan 22 Mei lalu. Workshop ini pun dibawakan oleh sastrawan terkenal diantaranya Agus R. Sarjono, Ari Kpin, Joni Ariadinata dan juga aktor teater Iman Soleh.

Sejumlah siswa antusias belajar tentang menulis puisi, cerpen, dan pentas drama apalagi dibawakan langsung orang-orang yang berpengalaman. Bahkan sejumlah siswa juga tampil membawakan puisi. Seperti yang diungkapkan oleh penulis dan penyair Agus R. Sarjono saat membawakan materi soal puisi.

"Jangan pernah menulis puisi yang umum dan menggunakan kata-kata yang umum, sangat penting memberikan detail untuk menggambarkan sesuatu. Nah, segala sesuatu yang ditulis dan digambarkan secara detail itulah sastrawan," ungkapnya dihadapan para peserta workshop yang terdiri dari pelajar SD hingga SMA.

Menurut Sr. Clara S. Parengkuan, JMJ SPsi selaku ketua panitia dan kepala sekolah SMP Katolik Rajawali kegiatan ini bisa menjadi cara untuk siswa lebih mencintai sastra.(rza/ars)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Kamis 23 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya