Pages

Kamis, 02 Mei 2013

Profil SMPN 14 Makassar

Kedepankan Mutu dan Kualitas

REPORTER : REZA KAHLIL - DIAN KURNIASIH
EDITOR : ARSYAD HAKIM




CUACA terik tak menyurutkan niat tim KeKeR menyambangi sekolah yang terletak di jalan Asrama Haji Sudiang. Yaps, kali ini kita akan berkenalan dengan SMPN 14 Makassar yang letaknya bersebelahan dengan SMAN 7 Makassar.

Nah, SMPN 14 Makassar berdiri 32 tahun silam, tepatnya 1981. Awalnya sekolah ini didirikan bagi warga sekitar yang mendiami kawasan Sudiang, soalnya belum ada sekolah setingkat SMP di kawasan tersebut sebelumnya. SMPN 14 pun menjadi sekolah pertama yang berdiri di Kecamatan Biringkanaya.

Gak jauh beda dengan sekolah pada umumnya, sekolah ini juga menerapkan sistem KTSP dalam sistem pembelajarannya. Tapi yang membedakan dari sekolah lain, SMPN 14 memiliki muatan lokal berupa pelajaran elektro, di mana mereka mempelajari soal kelistrikan, selain itu KIR atau keterampilan rumah tangga juga menjadi salah satu muatan lokal sekolah ini.

"Soal kurikulum kami seperti sekolah lainnya, cuma kami punya muatan lokal khusus. Yakni muatan lokal elektro, tapi bukan hanya itu saja kami juga punya keterampilan Ilmu rumah tangga atau KIR sebagai mata pelajaran muatan lokal," ungkap Muhammad Yunus SPd, MPd selaku wakasek kesiswaan SMPN 14 Makassar.

Suasana yang rindang serta pekarangan luas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar bagi sekitar 900 siswa ini. Inilah salah satu ciri khas sekolah selain dari adanya kelas unggulan bagi siswa berprestasi untuk tiap angkatan.

Soal kedisiplinan, sekolah ini bisa dibilang salah satu sekolah yang disiplin loh. Terbukti saat ada kegiatan belajar mengajar tak ada siswa yang berkeliaran, walaupun tidak ada guru yang mengajar di kelas. Untuk prestasi, sekolah yang memiliki 12 ekstra kurikuler (Ekskul) ini cukup terkenal dengan prestasi di bidang kepramukaannya. Sejumlah prestasi baik nasional hingga internasional ditorehkan oleh sekolah ini.

Menurut Kepala SMPN 14 Makassar, Sutaji SPd, MPd, sekolah ini lebih mengedepankan mutu dan kualitas. "Sebagai kepala sekolah pastinya saya ingin memberikan yang terbaik untuk sekolah, dengan mengembangkan seluruh potensi dan kualitas dengan stakeholder yang ada," ungkap Sutaji.

Nah di akhir pembicaraan, pak Sutaji menyampaikan harapannya. "Kalau soal harapan pastinya kami menginginkan menjadi yang lebih baik dari sekolah lain,” tutup mantan wakasek SMPN 6 Makassar ini.(*)


NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR Senin, 29 April

2 komentar:

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya