Pages

Sabtu, 22 Juni 2013

Apaaa??? Kita Dijajah Korea?





REPORTER : REZA KAHLIL
EDITOR : ARSYAD HAKIM


PERNAH dengar kata “Saranghae, Oppa, Mianhe”? Atau tahu tentang Super Junior, SNSD, 2NE1, Shinee dan beberapa boyband serta girl band Korea lainnya? Yaps, kali ini kita ngebahas lagi nih soal budaya Korea yang masih jadi idola remaja Indonesia. Yuk!!

Nah, beberapa kata di atas sepertinya udah menjadi gaya hidup remaja sehari-hari. Bahkan anak SD sampai ibu rumah tangga tahu soal ini, apalagi dengan maraknya drama Korea dan musik-musik dari artis Korea di TV. Inilah yang biasa kita sebut sebagai Hallyu atau Korean Wave yang sepertinya mulai menjajah budaya kita.

Hallyu atau Korean Wave memicu banyak remaja untuk mempelajari bahasa Korea dan kebudayaan Korea. Bahkan meniru-niru gaya berbusana dan hal-hal yang dilihatnya di TV tentang Korea. Kira-kira menurut Sobat KeKeR apa aja sih yang membuat mereka tertarik dengan Korea?

Menurut Nurfadillah Mansyur siswi kelas X AK 1 SMKN 1 Makassar, style atau gaya berbusana Korea bisa menjadi tren yang digemari oleh sebagian besar remaja.

"Kalau Korea aku suka dengan style berbusana mereka. Walaupun tampilannya sederhana mereka kelihatan keren kok gak norak. Bahkan bisa membuat tren busana yang cocok buat remaja," ungkap dara yang hobi nonton drama Korea ini.

Febriana Tri Hartina juga berpendapat yang sama loh, menurut siswi kelas XI TKJ 2 SMK Teknologi Tritunggal Makassar. Style dari boy band dan girl band Korea gak bosan buat dipandang.

"Saya suka style mereka, keren dan gak ngebosenin. Walaupun kadang warna rambutnya agak lebay tapi tetap keren kok," ujar cewek hobi dance ini ke KeKeR.

Ada yang suka ada pula loh yang kurang begitu tertarik dengan budaya Korea ini. Sebut saja Dinda Medina, siswi kelas XI IPS Unggulan SMAN 5 Makassar. Dara cantik berambut panjang ini mengakui suka tapi gak terlalu fanatik dengan Korea.

"Suka sih, tapi gak sampai fanatik banget mau niru gaya atau budayanya. Kadang aku suka lihat style dan cerita dari drama Korea,” tutur Dinda.

Nah kalau Syasmita Maudy S siswa SMKN 1 Makassar jurusan Akuntansi, emang gak suka dengan Hallyu atau Korean Wave. Menurut cewek kelahiran Makassar, 13 Agustus 1996 ini dandanan artis Korea terlalu lebay.

"Kurang begitu suka sih dengan budaya Korea. Apalagi stylenya, mereka agak lebay gitu deh. Soalnya penampilan cowoknya seperti gaya cewek dengan warna yang full colour," aku siswi yang akrab disapa Mita ini.

Wah emang banyak remaja yang kesemsem dengan budaya Hallyu ini tapi ada juga yang gak suka. Yah bolehlah suka atau fanatik dengan Hallyu tapi tergantung pribadi masing-masing orang kan, asal gak sampai lupa dengan budaya sendiri. Kalau sampai lupa kan bisa ribet, hehe.(*)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Jumat 21 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya