Pages

Kamis, 06 Juni 2013

PROFIL SMAN 4 MAKASSAR

Utamakan Disiplin demi Generasi Terbaik

REPORTER : REZA KAHLIL
EDITOR : ARSYAD HAKIM

Dra Hj Marhaeni D, MPd. Kepsek SMAN 4 Makassar

AKSI siswa yang tergabung dalam beberapa ekskul di lapangan sekolah menyambut tim KeKeR saat bertandang di sekolah yang terletak di  Jl Cakalang nomor 3 ini. Yak, kali ini kita bakal berkenalan dengan SMAN 4 Makassar.

Nah, tahu gak sih kalau dulunya, tepatnya 1964 SMAN 4 Makassar itu merupakan kelas jauh dari SMAN 1 Makassar dan lokasinya belum di Jalan Cakalang seperti sekarang tetapi di daerah Gusung. Selanjutnya pada 1965 SMAN 4 Makassar pindah ke Jl Cakalang dan menempati gedung sekolah khusus bagi warga keturunan Tionghoa.

"Pada 1967 SMAN 4 Makassar sudah menamatkan alumni pertamanya. Dulunya gedung yang dipakai adalah gedung milik warga Tionghoa. Dan dulunya lokasi ini ditempati tiga sekolah di antaranya SMAN 4 Makassar, SMPN 7 Makassar dan SMEA 2 Makassar yang sekarang bernama SMKN 4 Makassar," ungkap Drs Abdul Azis Tahir, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Wah, emang Smapat memiliki banyak cerita sejarah. Asal tahu aja nih Sobat KeKeR dulunya sekolah ini luas banget loh, terdapat sebuah aula besar. Tetapi sekarang sudah dibongkar dan sebagian lokasinya dipakai untuk pembangunan jalan tol.

Untuk fasilitas sekolah, Smapat bisa dibilang lengkap loh. Mereka punya 27 ruang kegiatan belajar yang diisi sekitar 1.036 siswa, laboratorium IPA lengkap, ruang Multimedia, Laboratorium Komputer, dan Musala.

Soal prestasi? jangan salah, sekolah dengan visi “Unggul dalam mutu, yang Berpijak pada Ajaran Agama dan Budaya Bangsa” ini memiliki segudang prestasi loh utamanya di beberapa ekskul mulai dari tingkat kota hingga tingkat internasional sekolah ini ada loh.

Kurikulum yang dipakai juga menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang tentunya disesuaikan dengan kondisi sekolah. Selain itu sekolah ini juga menerapkan penambahan jam belajar bagi siswa kelas XII apalagi menjelang UN dan dianalisis setiap tiga kali dalam empat bulan.

Kalau soal disiplin, jangan ditanya. Dari semua unsur baik guru maupun siswa bahkan sampai ke orang tua siswa juga memang dituntut untuk bisa menciptakan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Contohnya nih saat pendaftaran ulang sudah ada sosialisasi soal kedisiplinan dari pihak sekolah.

"Sekolah memang sangat mengutamakan kedisiplinan, dan memang sudah kami terapkan kedisiplinan baik dari guru hingga siswa dan dimulai dari diri saya sendiri. Soalnya tanpa disiplin kita tidak akan bisa berhasil, dan disiplin yang disertai kerja keras bisa menciptakan generasi yang baik," ujar kepala sekolah, Dra Hj Marhaeni D, MPd.

Di akhir perbincangan ibu Marhaeni mengharapkan Smapat mampu menjadi pusat pendidikan yang religius, bermutu, unggul, dan bertaraf internasional. "Saya harap SMAN 4 Makassar bisa sejajar dengan sekolah bertaraf internasional," tutupnya ke tim KeKeR.(*)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Senin 3 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya