Pages

Senin, 10 Juni 2013

Profil SMAN 20 Makassar

Kelautan-Pariwisata sebagai Muatan Lokal

REPORTER : REZA KAHLIL
EDITOR : ARSYAD HAKIM




Salah satu ekskul yang ada di SMAN 20 Makassar


HAMPARAN sawah menjadi pemandangan yang menyejukkan mata ketika kru KeKeR berkunjung ke SMAN 20 Makassar. Nah, pekan ini kita bakal kenal lebih dekat lagi dengan sekolah yang terletak di Jalan Bonto Biraeng, Barombong, Kecamatan Tamalate ini.

SMAN 20 Makassar (Smadapul) berdiri sejak 2003, soalnya nih akses pendidikan masyarakat dulunya ke sekolah-sekolah yang ada di Sungguminasa, Gowa yang emang lebih dekat. Untuk itulah sekolah ini didirikan.

"Karena merupakan satu-satunya sekolah SMA di wilayah Barombong ini makanya masyarakat menyambut antusias. Bahkan masyarakat sendiri yang minta dibangun sekolah setingkat SMA di wilayah ini," ungkap wakasek kesiswaan SMAN 20, Drs H Aminullah.

Nah, Smadapul memiliki 12 ruang belajar yang ditempati sekitar 400 siswa loh, selain itu ada lab komputer, multimedia, IPA tak ketinggalan perpustakaan dan musala.

Kalau soal prestasi, sekolah ini juga gak kalah dong dengan sekolah-sekolah di tengah kota. Banyak prestasi yang patut mereka banggakan. Utamnya di bidang olahraga. Nah, setiap tahunnya juga nih persentase kelulusan di Smadapul terbilang tinggi yakni di atas 95 persen. Hebat yah!

Ada sedikit berbeda nih dengan sekolah ini dibanding sekolah-sekolah lainnya. Absen yang digunakan bukan seperti absen yang biasanya loh, di Smadapul sudah menggunakan absen digital baik bagi guru maupun siswanya setiap datang dan pulang. Jadi gampang ketahuan deh yang suka bolos. Hihi.

"Makanya, Smadapul bisa dibilang sekolah yang disiplin, 7.30 siswa sudah menerima pelajaran di kelas tapi masih dikasih toleransi waktu lima menit kalau lewat dari itu akan diberi sanksi," tambah pak Aminullah.

Bukan hanya itu, sekolah ini juga punya muatan lokal yang berbeda dengan sekolah menengah atas lainnya. Yakni muatan lokalnya yang lebih mempelajari soal kelautan dan pariwisata pasalnya lokasinya kan dekat dengan laut.

"Muatan lokal kelautan dan pariwisata memang diterapkan di sekolah ini. Melihat warga sekitar memiliki mata pencarian sebagai nelayan dan memang kawasan Barombong termasuk dalam daerah wisata, jadi alangkah baiknya jika ditunjang dengan bekal pendidikan seperti itu," ujar kepala     SMAN 20 Makassar, Drs A Nasruddin MPd.

Nah, diakhir perbincangan. Pak Nasruddin menyampaikan harapannya, "Harapan kami bagaimana pemerintah bisa memperhatikan sarana dan prasarana sekolah agar bisa diseimbangkan dengan pengetahuan siswa," tutupnya.(*)


NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Senin 10 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya