Pages

Jumat, 16 Agustus 2013

Yuk, Bangun Rasa Nasionalisme!!

REPORTER : REZA KAHLIL - GRATIA JOSEPHINE
EDITOR:  ARSYAD HAKIM




"Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita, hari merdeka, nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia, mer-de-ka, sekali medeka tetap medeka" pada tahu dong petikan lagu di atas? Yaps, setiap tahunnya pasti lagu “Hari Merdeka” berkumandang jelang hari Kemerdekaan Indonesia.

Yah! Selamat hari Kemerdekaan Indonesia Sobat KeKeR semua, gak terasa tanah air tercinta kita sudah berusia ke-68 tahun. Tentunya gak gampang loh buat meraih kemerdekaan sehingga bisa terbebas dari penjajah. Nah, seperti apa sih makna kemerdekaan bagi Sobat KeKeR. Yuk kita tanya komentar mereka, cekidot!

Angeline Jesica siswi kelas 7 di SMP Gamaliel menuturkan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia adalah hari yang sangat penting karena inilah akhir dari hasil pengorbanan dan perjuangan rakyat Indonesia.

"Kemerdekaan Indonesia itu merupakan hasil akhir dari semua pengorbanan dan perjuangan bangsa Indonesia,” tutur gadis penggemar Barbie ini.

Senada dengan Angeline, Jesica Kontesa siswi kelas XII IPA 1 di SMA Katolik Rajawali juga menyatakan bahwa 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan yang merupakan asal mula lahirnya bangsa Indonesia yang merdeka.

"17 Agustus itu hari lahirnya Indonesia, itu juga merupakan asal muasal lahirnya kemerdekaan kita Indonesia," ujar cewek kelahiran 1996 ini.

Kalau Ade Satrio Wirawan, siswa SMAN 2 Makassar mengungkapkan jika lewat peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia kita bisa lebih membangun rasa nasionalisme. "Hari kemerdekaan menjadi momen untuk membangun rasa nasionalisme, bukan hanya itu. Setiap masyarakat Indonesia bergembira dalam memperingati hari spesial ini dengan melaksanakan kegiatan yang meriah tiap tahunnya," ujar cowok berkacamata ini.

Tak ketinggalan Yovita Athalia Augusta Yomir, siswi kelas XI IPA 2 SMAN 1 Maros juga menuturkan jika hari kemerdekaan itu kita kembali diajak untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk meraih kebebasan dari tangan penjajah.

"Menurutku, kemerdekaan itu saat yang tepat untuk mengenang dan menghargai perjuangan pahlawan negara. Bukan hanya itu, sebagai generasi muda kita juga bertekad untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk Indonesia," ungkap pencinta kuliner mi ayam.   

Nah, lebih lanjut dara yang akrab disapa Yovita ini mengatakan setiap menjelang tanggal 17 Agustus doi dan keluarganya akan menghias rumah dan halaman dengan bendera merah putih. "Selain menghiasi rumah dengan nuansa merah putih aku juga biasanya bersama keluarga menonton upacara pengibaran bendera pusaka di istana negara, biasa juga ikut menyaksikan pengibaran bendera di kantor bupati," ujar Yovita.

Sri Dewi Sandra siswi SMAN 21 Makassar kelas X juga menuturkan setiap tanggal 17 Agustus biasanya diperingati dengan meriah. "Aku sih biasanya ikutan memasang bendera, tak ketinggalan juga buat mengikuti lomba-lomba 17-an. Yah sekadar merayakan hari kemerdekaan dan kebebasan bangsa Indonesia," ujar dara yang menghidolakan penyanyi Afgan Syahreza ini.

Yaps, itu tadi beberapa pendapat SoKeRs tentang hari kemerdekaan. Emang sih sebagai warga negara yang baik kita patut mengenang jasa-jasa pahlawan kita yang dahulu untuk merebut kembali kemerdekaan. Jangan sampai kita ngelupain perjuangan pahlawan dan seenaknya aja hancurin negara. Kan gak gampang buat merebut kemerdekaan, banyak hal yang harus dikorbankan. Gimana guys?(*)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Jumat 16 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya