Pages

Rabu, 14 Agustus 2013

Hari Pramuka, Tak Sekadar Seremoni

REPORTER: NURUL IZZAH -- REZA KAHLIL
EDITOR: ARSYAD HAKIM




PRAJA Muda Karana, ada yang mengenal sebutan ini? Yap, sebutan dengan arti rakyat muda yang suka berkarya ini merupakan kepanjangan dari pramuka. Dan hari ini, 14 Agustus merupakan peringatan Hari Pramuka ke-52.
   
    Sebagai anak yang mengenyam bangku sekolah, pasti tidak sulit deh menerka bahwa hari ini merupakan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota pramuka. Jelaslah, hari ini kan hari berdirinya Gerakan Pramuka Indonesia yang secara resmi diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1961 yang ditandai dengan apel besar dan diikuti dengan pawai keliling Jakarta di depan Presiden RI, Soekarno.
    Nah, Mulyanti Ayu Wulandari, salah seorang anggota pramuka di SMAN 12 Makassar ini menuturkan, makna Hari Pramuka ialah untuk mengenang jasa-jasa pahlawan, mengenal sejarah dari pramuka, juga mengajarkan dan menanamkan jiwa patriotisme.
    "Saya bangga jadi anggota pramuka karena di pramuka kita bisa mengekspresikan karya dan kreasi, serta bakat yang kita miliki. Selain itu, saya juga mendapat banyak manfaat dalam sikap dan perilaku sehari-hari," jelas siswi kelas XII IPA 2 ini.
    Hal serupa diungkapkan Hilmiah, anggota pramuka yang akan dilantik menjadi Penegak Bantara di MAN 2 Model Makassar ini mengungkapkan, cara dia memaknai Hari Pramuka ialah mengikuti upacara peringatannya.
    "Bangga sekali bisa menjadi anggota pramuka sampai sekarang. Tentu saja, di setiap peringatan Hari Pramuka membawa makna untuk seorang pandu, yaitu untuk segala prestasi yang telah kita capai selama ini," tutur siswi kelas XI IPS 2 ini.
    Nah, Sri Kinanti Rahayu siswi kelas XII IPS 1 di SMAN 9 Makassar ini mengungkapkan, walau doi bukan anggota pramuka tapi, menurutnya, pramuka bisa memberikan pelajaran tentang arti kekompakan dan solidaritas.
    "Saya bukan anggota pramuka tapi menurutku menjadi anggota pramuka itu bisa banyak belajar soal kekompakan dan solidaritas sesama anggota pramuka. Bukan hanya itu kita juga bisa kenal dengan alam dan lingkungan lewat pramuka," ungkap cewek kelahiran 19 April 1996 ini.
    Senada dengan Ayu, Muhammad Khusnul juga menuturkan pramuka memberikan kita banyak pengalaman yang tentunya gak didapatkan di ruang kelas.
    "Banyak pengalaman seru tentunya yang didaptkan lewat pramuka, selain bisa menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin. Kita juga bisa membentuk jaringan pertemanan yang luas dan mendapatkan teman baru," urai siswa SMAN 9 Makassar kelas XII IPA 3 ini.
    Wah peringatan hari pramuka emang bukan sekadar acara seremonial saja yah guys. Ada banyak makna yang terkandung di dalam peringatannya. Misalnya nih, sadar untuk lebih menegakkan keadilan dan kejujuran serta memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama sesuai dengan jiwa dan semangat Pramuka. Gimana guys? Selamat Hari Pramuka!!(*)


NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Rabu 14 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya