Pages

Rabu, 03 Juli 2013

Waspada Ketergantungan “Si Mbah” Google

REPORTER : REZA KAHLIL
EDITOR : ARSYAD HAKIM




NGERJAIN tugas mintanya sama mbah google apa-apa sama mbah google. Kayak dukun aja nih si mbah Google, hihi. Nah emang sih mesin pencari satu ini sangat populer dan sangat membantu kita-kita yah apalagi seorang pelajar mau nyari referensi pasti ke Mbah Google.

Nah, mesin pencari yang emang sangat populer ketimbang mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Live Search, Ask.com dan sebagainya. Bahkan nih google tuh sering dinobatkan sebagai The King of Search Engine karena lebih simpel dan google memudahkan pencarian dengan kata kunci yang relevan.

Nah, ada kelebihan namun ada pula kerugiannya loh. Seperti yang diungkapkan Irmawati, siswa kelas XI Akuntansi 3 SMKN 4 Makassar. Menurutnya, mesin pencari seperti google sangat bermanfaat karena ada banyak wawasan yang bisa dicari di sana.

"Selain kelebihannya google juga punya kekurangan, seperti ada info atau artikel di google yang tidak sepantasnya muncul dan kebaca oleh penggunanya," ungkap cewek yang ngefans sama band Lyla.
Bukan hanya Irma aja nih, Wahyu siswa kelas XI IPS 3 SMAN 13 Makassar juga mengaku bahwa google selain memiliki keunggulan juga pasti ada sisi negatifnya.

"Google memang selain sebagai media untuk mencari informasi tentang pelajaran sekolah, bisa juga disalahgunakan untuk mencari artikel atau situs yang tidak sepantasnya dibuka oleh remaja," ujar cowok yang hobi dance dan dengar musik.

Fathul Mulky Nurfaizi, siswa SMAN 1 Pinrang juga mengutarakan lewat google apa yang tidak kita ketahui bisa diketahui. "Tapi, kalau ada google pelajar terkesan plagiat karena mengambil tugas hanya dengan copy paste tanpa menyertakan sumbernya, selain itu membuat pelajar juga malas karena semua dianggap mudah dengan google," tutur  cowok kelahiran 10 Juni 1997.

Bikin males? Yaps, seperti itulah google, pasalnya referensi yang baiknya dicari di buku perpustakaan dicarinya di google, seperti juga yang diungkapkan Atika Surya Aisyah siswi kelas XI IPA 6 SMAN 2 Makassar.

"Lewat google kita bisa cari info dengan instant dan cepat. Tapi bikin malas, soalnya kan orang yang doyan nyari info di google udah gak mau lagi nyari referensi di buku padahal kan di buku info yang didapat lebih lengkap," urai siswi kelahiran Jakarta, 25 September 1996 ini.

Wah betul tuh kata Sobat KeKeR di atas. Walaupun punya banyak banget manfaat tapi gak usah deh terlalu bergantung sama google, kan kita bisa nyari referensi lewat buku yang emang lebih lengkap gak hanya itu loh google bisa membuat kita jadi plagiat loh. Menc

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Selasa 25 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya