Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

Bibir Pecah-pecah Bikin Ganggu!!

REPORTER: MUHAMMAD FADEL - REZA KAHLIL
EDITOR: ARSYAD HAKIM




SETIAP orang pasti pernah mengalami permasalahan bibir kering. Biasanya terjadi saat sedang puasa atau karena sering berada di ruangan ber-AC. Nah, kalau Sobat KeKeR pernah gak sih mengalamai hal ini? Yuk simak pembahasannya!

Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab kenapa bibir bisa kering dan pecah-pecah. Nah, apalagi saat bulan puasa seperti ini. Tapi bukan hanya itu aja loh, bibir pecah-pecah bisa juga diakibatkan karena alergi, baik itu lipstik maupun pasta gigi.     Inez Christine siswi kelas XI IPA 2 SMA Katolik Rajawali mengungkapkan kalau bibir pecah-pecah pasti rasanya itu gak nyaman.

"Wah pastinya gak nyaman, bicara dengan orang aja pasti agak risih. Tapi kalau aku sih mengantisipasinya dengan memakai lip gloss," ungkap siswi yang suka pelajaran Biologi ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Inez, Rizky Amelia juga merasakan hal yang serupa. "Sekarang saya lagi merasakan bibir pecah-pecah. Tentunya risih dan gak nyaman karena saat minum atau makan rasanya sakit, mungkin dengan banyak minum air putih bisa sedikit mengurangi risiko terkena bibir pecah-pecah," ujar dara yang duduk di bangku kelas X SMA Kartika Wirabuana XX-1 ini.

Kalau Dyah Larasaty beda lagi nih. Mungkin karena udah terbiasa dengan hal ini. Doi menanggapi biasa-biasa aja kalau kena bibir kering dan pecah-pecah. "Biasa aja sih kalau kena bibir pecah-pecah. Palingan kasih pelembab bibir biar tetap basah," cuap siswi SMAN 1 Makaassar.

Sama dengan Sobat KeKeR yang lainnya, Masyita Anwar siswi SMAN 11 Makassar ini merasa kurang nyaman dengan bibir pecah-pecah. "Gak enaklah pastinya, biasanya kan sakit kalau lagi kena," ungkap cewek hobi nyanyi ini.

Fitriyah siswi SMAN 1 Makassar gak mau kalah kasih komentarnya. Menurutnya, hal ini disebabkan karena kurangnya nutrisi dari buah maupun sayuran. Bukan hanya itu panas dalam maupun sariawan bisa juga menjadi salah satu faktornya.

"Mungkin bibir kering dan pecah-pecah diakibatkan juga oleh lipstik atau pelembab yang gak cocok dengan kita makanya cara untuk mengatasinya yah bisa pakai bahan alami untuk menggantikannya, misalnya mengoleskan madu,” tutur dara yang akrab disapa Fitri ini.

Nah, emang saat puasa tubuh kekurangan asupan air, sehingga dapat terjadi dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya bisa terjadi pada tubuh tapi juga berpengaruh pada kulit loh. Dan bibir menjadi bagian tubuh yang paling terasa kering. Jadi sebaiknya perhatiin makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka dan juga jangan lupa perhatikan produk lip gloss maupun lipstik yang kamu pakai.(*)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR, Kamis 25 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya