Pages

Senin, 22 April 2013

Jangan Biarkan Hak Pejalan Kaki Terenggut

REPORTER : REZA KAHLIL -- NURUL IZZAH
EDITOR : ARSYAD HAKIM





KESELAMATAN kita sehari-hari pasti sangat kita utamakan. Apalagi jika sedang berada di jalan umum, keselamatan selalu menjadi hal utama.

NAH, maka dari itu, pemerintah membangun trotoar atau bahasa kerennya adalah jalur pejalan kaki yang digunakan untuk menjamin keamanan para pejalan kaki. Terus gimana dengan keadaan trotoar di sekitar kita saat ini? Apa masih sesuai fungsinya?

Devi Arianti, siswi kelas VIII-7 di SMPN 12 Makassar mengaku, jarang menggunakan trotoar, yah karena jalan yang dia lalui memang tidak ada trotoarnya sih. Tapi menurutnya, trotoar di sekitar kita belum aman digunakan.

"Saya sih memang jarang pakai trotoar, selain saya jarang menjumpai, trotoar di Makassar ini belum terlalu aman dipakai. Masih banyak pengendara motor sering mengambil fasilitas para pejalan kaki," jelas dara yang senang menggambar ini.

Senada dengan itu, Mulyanti Ayu Wulandari, siswi kelas XI IPA-2 di SMAN 12 Makassar ini pun menganggap bahwa banyak trotoar di Makassar yang sudah beralih fungsi, entah menjadi lahan untuk menjual, atau rusak karena digunakan kendaraan bermotor.

"Kadang prihatin melihat kondisi jalanan yang trotoarnya sudah beralih fungsi, seperti dijadikan tempat parkir, pedagang kaki lima, bahkan jadi jalur tambahan untuk motor yang ingin mempercepat jalannya ketika macet. Jadi, para pejalan kaki sangat dirugikan. Dari segi kenyamanan juga keamanan," aku gadis yang gemar membaca ini.

Hal serupa juga diungkapkan Erika Apriliani, siswi kelas VIII-7 di SMPN 36 Makassar ini mengaku, takut menggunakan fasilitas umum yang satu ini karena para pejalan kaki lebih sering diserobot jalannya oleh pengendara.

"Saya jarang menggunakan trotoar karena bahaya, banyak pengendara yang merebut hak para pejalan kaki. Hal ini harus diberi teguran keras, biar keselamatan para pejalan kaki terjamin," tuturnya.

Sementara Fitria Ananda Eka Putri Ar. siswi kelas XII IPA-1 di SMAN 9 Bulukumba mengaku trotoar sangat bermanfaat karena bisa melindungi pengguna jalan, terlebih lagi jika trotoarnya rindang kerena dipenuhi dengan pepohonan, pasti benyak yang ingin menggunakannya.

Komentar yang sama juga datang dari Eti Rahayu Putri, siswi kelas XII-IPA 1 di SMAN 9 Bulukumba ini mengaku masih sering menggunakan trotoar karena dia lebih sering jalan kaki jika ingin pergi ke suatu tempat.

"Masih sering banget pakai trotoar. Dan pasti sangat bermanfaat karena bisa membantu pengguna jalan untuk bisa berlalu lalang di jalan raya dengan aman. Yang jelas tidak disalahgunakan, dan tetap dijaga dengan baik, pasti manfaatnya sangat besar," ungkapnya.

Nah, penggunaan trotoar pasti sangat bermanfaatkan bagi kita kan Sobat KeKeR? Makanya, kita harus bisa menjaga fasilitas umum itu dan fungsikan sesuai dengan fungsinya. Biar tidak merugikan pihak lain juga kan.(*)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR 9 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya