Pages

Selasa, 16 April 2013

Harus Belajar Mandiri





REPORTER: NURSAN TUNNISA - REZA KAHLIL
EDITOR: ARSYAD HAKIM


MAU ini itu, segala sesuatu yang dia inginkan harus selalu ada dan keinginannya harus selalu terpenuhi. Yup, mungkin itu sedikit penjelasan tentang si Anak manja. Gondok juga sih guys, kalau kita punya sohib yang manjanya overdosis.

Gak semua yang kamu mau, mesti dituruti oleh semua orang terlebih kalau manjanya itu sama teman sendiri. Sobat KeKeR punya gak teman yang dijuluki si Anak manja? Bagaimana sih tanggapan kalian tentang Sohib yang manja?.

Cerita pertama datang dari Ananda Lola Syam yang nuntut ilmu di SMAN 21 Makassar. Ananda mengatakan bahwa teman yang manja itu harusnya diajar mandiri sejak dini.

"Saya punya teman manja dan menurutku, teman yang manja itu harus dibiasakan mandiri, tidak bergantung dengan orang lain. Berusaha sendirilah jangan bergantung dengan teman karena kalau teman kita pergi, kan repot," ujar cewek yang duduk di kelas XI IPA 6 ini.

Andi Rosbayanti Putri juga mengaku punya teman yang manja. Siswi kelas XI IPA 5 di SMAN 1 Maros ini mengungkapkan bahwa kita harus memaklumi ketika punya teman yang manja.

"Ya kudu tegas, sarankan dia untuk bisa hidup mandiri. Tapi, jangan terlalu keras ketika menegurnya karena nanti dia tersinggung. Maklumi saja manjanya kan, sifatnya sudah seperti itu," ungkap cewek yang memilih Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran favoritnya.

Hampir sama dengan pendapat yang tadi nih, Melanie Febrianti yang tercatat sebagai siswi kelas VIII B di SMP 1 Lamuru juga berucap bahwa anak manja itu merupakan orang yang belum mandiri.

Masih dari siswi SMPN 1 Lamuru, menurut Fenny Istiasari, kelas VIII ini, orang yang manja itu harusnya bisa mandiri dan tidak bergantung sama orang di sekitarnya. Karena, tidak semua hal yang dia inginkan harus terpenuhi.

Yang terakhir nih guys, pendapat dari Faradhiba Tsani kelas VIII 5 di MTsN Model Makassar. Fara juga punya teman yang manjanya sudah keterlaluan dan itu membuatnya agak sedikit gondok.

"Kemauannya itu harus selalu diikuti, selalu bergantung pada orang lain, padahal hal semacamnya itu sangat tidak baik. Tidak mengajarkan kita untuk mandiri dan terlalu mengandalkan orang lain,"cerita cewek yang ingin jadi dokter dan chef ini.

Mungkin, itu hanya sebagian pendapat dari SoKeRs, bagi kalian yang punya teman dijuluki Si anak manja,  sebaiknya kalian nanggapin positif aja. Anggap dia sedang mencari jati dirinya dan mungkin itu adalah kebiasannya yang harus kita pahami. (*)

NB : Terbit di Halaman KeKeR FAJAR 28 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fotonya @rezakahlil

Fotonya @rezakahlil
Sayami Ini, Inimi Saya